12 April 2013

Sisilia's Most Wanted Playlist #4

D E P A P E P E




DEPAPEPE (デパペペ) adalah grup musik berasal dari Jepang yang kedua personelnya memainkan gitar akustik. Nama DEPAPEPE sendiri berasal dari gabungan kedua nama pendek dari kedua personelnya. Yakni dengan menggabungkan kata overbite (artinyatonggos dalam bahasa Indonesia) dalam bahasa Jepang adalah Deppa, dan nama dari band Tokuoka sebelumnya yaitu Derupepe. Dibentuk tahun 2002, mereka sempat mengeluarkan tiga album indie sebelum akhirnya mereka bergabung dengan label Sony Music. Mereka berhasil membuat debut major pada tahun 2005 dengan album mereka Let's Go! yang menempati urutan di sepuluh urutan teratas pada Oricon’s Instrumental Artist Debut Chart. (Wikipedia)

Video di atas adalah salah satu single Depapepe berjudul  "Aishu no Violet". Seperti karya-karya Depapepe yang lain, Aishu no Violet sangat asik didengar. Suasana yang ditawarkan musik ini ceria, tidak cengeng. Ditambah iringan biola, single ini sangat menyentuh. Kolaborasi alat musik yang harmonis ini yang membuat pendengar betah menyimak Aishu no Violet. Saya sering memutarnya berulang-ulang jika sendirian menunggu kereta malam terakhir. Setidaknya, saya merasa Depapepe sedang menjadi soundtrack pengganti suara kereta yang bising dan stasiun yang mulai sepi :p
 Selain Aishi no Violet, saya pun menyukai "Spur - Winter Version". Keduanya bingar tapi syahdu.  Spur - Winter Version seolah mengajak pendengar menghayati suasana musim dingin yang riang. Ini favorit saya juga :D
Lain lagi dengan "Pachelbel Canon's". Instrumen klasik ini diaransemen ulang jadi sangat menarik. Lalu, jika mendengar "START", saya seolah mendengar intro lagu Kinki Kids yang dijadikan OST Dragon Ball, "Hitori Janai". hehe.. Hanya awalnya saja, memang. Not a big problem.
Menurut saya, kekuatan Depapepe terdapat pada aransemen musik yang mudah diingat dan enerjik. Hal itu membuat musiknya mudah diterima siapapun.
Sepertinya, tanpa lagu pun musik Depapepe sudah sempurna. Hmm, ibaratnya, Depapepe sedang berbicara lewat musik. :)

Oia, ada lagi instrumen Depapepe yang sangat saya sukai. Nah ini dia!


Alasannya? Karena saya suka Anime jepang, termasuk Doraemon. :)

*Video-video dari sini

0 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Perkenalkan! Saya Nurul Maria Sisilia. Seorang pengajar, penulis, dan pekerja sosial. Saya senang menulis hal menarik yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Mari berbincang!

Terjemahkan (Translate)

Rekan

Diberdayakan oleh Blogger.