21 Februari 2012

Cara Cerdas Memilih Buku*

Share it Please




Menjadi pembaca yang cerdas diawali dari  menjadi pemilih buku yang cerdas. Hal tersebut mengandung makna bahwa pembaca yang cerdas mesti memiliki  kecerdasan menentukan jenis buku yang benar-benar memiliki manfaat dan guna. Dengan cerdas memilih buku, pembaca akan terhindar dari jebakan budaya massa yang menempatkan membaca sebagai tren semata.
Beikut ini adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan  pembaca cerdas dalam memilih buku. 

Jangan tertipu cover!
"Don't judge a book from it's cover". Ungkapan tua yang artinya "jangan menilai buku dari jilidnya" tampak begitu krab di telinga. Ya, sebuah buku belum tentu dikatakan berkualitas bagus saat jilidnya berwarna-warni, nama penulis yang  tertera begitu besar, atau endorsment yang menggiurkan. Adakalanya, endorsment berkata terlalu hiperbola dalam mengungkapkan sebuah kesan terhadap karya. Unsur ketokohan pun menjadi salah satu pioritas pencarian endorser.  Contohnya,  seorang penulis akan mengejar pemuka agama   untuk memberikan komentar terhadap bukunya saat buku tersebut bercerita tentang keagamaan. Pembaca tidak tahu sejauh mana sang pemberi endorsment itu meyelesaikan bacaannya.
Oleh sebab itu, pembaca mesti lebih teliti menelaah buku dari daftar isi, bab awal, beberapa poin pnting, dan  daftar pustaka.

Baca sinopsis
Untuk memberikan abstraksi terhadap buku yang hendak dibaca, sinopsis menjadi peting untuk disimak. 
Dengan membaca sinopsis, pembaca memiliki gambran umum perihal isi buku. Dari gambaran umum inilah pembaca kemudian memutuskkan penting atau tidak buku tersebut baginya.

Skala prioritas
Efektivitas membaca ditentukan dari seberapa besar efek bacaan terhadap pembacanya. Artinya, bacaan tersebut memiliki nilai penting bagi pembaca. Dalam hal ini, pembaca yang cerdas mesti menentukan tujuan memiliki atau membaca sebuah buku. Pembaca yang cerdas akan pandai menentukan buku mana yang sangat penting, bermanfat,   dan dibutuhkan. Bukan sekadar ingin.
Hal ini akan membantu pembaca keluar dari zona kemubaziran atau kesia-siaan dan terhindar dari tren massa.

Demikian beberapa cara memilih buku secara cerdas. Semoga makin cerdas! :)


*) Ssebuah oleh-oleh dari TFT FLP Bandung 11 Februari 2012 di rumah k' Irfan Hidayatullah :)

Tidak ada komentar:

Unordered List