01 April 2019

7 Hal Menarik di Perpustakaan Batu Api

*Tulisan lama yang baru saya selesaikan hari ini :D. 
Hari ini, 1 April 2019, bertepatan dengan hari jadi ke-20 Perpustakaan Batu Api! Dirgahayu! Selamat Bang Anton, Teh Arum, dan semua yang menjadi bagian dari perpustakaan ini. Tulisan ini saya dedikasikan untuk perpustakaan yang telah menjadi oase pengetahuan di Jatinangor :)


Terletak di kawasan pendidikan Jatinangor, perpustakaan ini tak pernah sepi pengunjung. Letaknya yang strategis karena berada di pinggir jalan raya dan berada di dekat pusat perbelanjaan Jatinangor Town Square (Jatos) membuat tempat ini mudah dikenali. Saat singgah ke sana, saya disambut pemandangan beberapa mahasiswa asyik membaca di beranda. Hal serupa tampak pula di dalam ruangan perpustakaan berbentuk "L" ini. Beberapa orang bahkan sedang serius berdiskusi dengan sang pustakawan, Bang Anton. Inilah dia, perpustakaan hits di Jatinangor, Perpustakaan Batu Api!

Tahun 2012 saya diperkenalkan seorang kawan kepada perpustakaan yang menyediakan banyak referensi sastra. Kala itu, saya tengah menyelesaikan skripsi. Sampai saat ini, saya masih rutin singgah ke sana terlebih saat saya jadi mahasiswa Unpad. Saya akan mengusahakan mampir ke Batu Api setiap pekan. Hampir tujuh tahun lamanya saya menjadi anggota perpustakaan ini. Saya menemukan hal-hal menarik di sana. Berikut ini adalah hal menarik tersebut. 

Alamat 
"Di mana lokasi perpustakaan Batu Api?"
"Jl. Jatinangor no 142!"
Ya, memang lazimnya seperti ini percakapan mengenai alamat perpustakaan Batu Api terjadi. Namun, rupanya ada yang berbeda dengan alamat yang diakui pemerintahan Jatinangor, Sumedang, dengan pemilik perpustakaan. Sang pustakawan dengan penuh percaya diri mengubah alamatnya menjadi Jl. Pramoedya Ananta Toer no 142. Hal ini dapat kawan-kawan lihat dengan jelas kartu peserta. Jika kawan-kawan penghuni baru kawasan Jatinangor, saya yakin kawan-kawan akan merasa bingung mengenai letak jalan ini. Tapi, kemudian, kebingungna ini akan terjawab saat mengetahui banyaknya koleksi buku Pramoedya Ananta Toer yang dimiliki perpustakaan ini. 




Koleksi buku
Ya, perpustakaan ini memiliki koleksi karya Pram yang terhitung lengkap. Buku-buku tersebut bahkan tersimpan di dalam rak khusus di samping pintu masuk. Hal tersebut menyiratkan kegemaran pemilik perpustakaan terhadap tokoh yang dikenal dengan karyanyaTetralogi Buru itu. Selain buku-buku sastra, perpustakaan ini memiliki ragam koleksi buku humaniora lain seperti sejarah, filsafat, hingga agama. Menurut Bang Anton, koleksinya mencapai jumlah 10 ribu belum termasuk majalah dan koran.
Pernah suatu kali, perpustakaan ini meyediakan koleksi komik Jepang. namun, hal itu lekas ditiadakan sebab merasa keteteran mengurus pembaharuan edisi komik. 



Ada lagi hal yang menarik. Buku-buku how to disimpan terkucil di sebuah rak sederhana di belakang pintu masuk. Tentu, rak itu akan rapat tertutupi saat pintu dibuka. Sialnya, setiap jam kerja perpustakaan pintu masuk itu selalu terbuka. Rupanya, sang pemilik memiliki sentimen tersendiri terhadap buku jenis ini. :D
Kode buku dan buku peminjaman anggota
Perpustakaanlain, pada umumnya, memasang kode khas yang tertera di bagian samping buku untuk memudahkan kategorisasi dan pencarian. Hal tersebut berbeda dengan perpustakaan unik ini. Kode buku tidak ditemukan di sini. Semua disusun berdasarkan tema saja. Kadang, diubah sekehendak pemiliknya. Jika pengunjung kesulitan mencari satu buku maka langsung tanyakan saja kepada empunya perpustakaan. Hanya Tuhan dan Bang Antonlah yang tahu di mana letak persis buku-buku di perpustakaannya. :D

Begitu pula dengan catatan peminjaman milik anggota. Catatan  tersebut tidak dicetak seperti di perpustakaan lainnya. Catatan terbuat dari kertas yang didaur ulang dan dikreasikan sedemikian rupa oleh Teh Arum. Kemudian, catatan tersebut akan disimpan di sebuah tempat yang tersusun berdasarkan frekuensi kunjungan ke perpustakaan. Saya terbilang cukup sering berkunjung, jadi catatan saya terletak di laci atas. Namun, anggota dengan nomor jadul seperti saya, 5960, menempati sisi paling pojok. Haha. 

Kliping 
Selain buku, perpustakaan ini memiliki daya tarik lain yakni koleksi kliping. Kliping tersebut terdiri atas beragam tema humaniora yang menarik. Semua dikumpulkan Bang Anton dari koran atau majalah saat Bang Anton senggang!

Film dan musik
Selain buku, Batu api juga memiliki koleksi musik dan film yang menarik. Tentu saja bukan  musik dan film populer. "Terlalu banyak lagu populer diputar di mana-mana." Kata Bang Anton di suatu hari saat saya berkunjung. Bang Anton sering memutar lagu tak biasa itu untuk memperkaya khazanah pengetahuan pengunjung tentang musik, katanya. Selain memutarkan musik perpustakaan ini  juga kerap menggelar diskusi film dan musik. 


sumber dari instagram Batu Api 

Acara literasi 
Bekerja sama dengan beberapa pihak seperti kampus, penerbit dan komunitas Batu Api pun sering menggelar bedah buku dan diskusi. Kebanyakan memang digelar di kampus Jatinangor, tepatnya di Universitas Padjadjaran. Berikut ini adalah salah satu acara yang digelar Batu Api. 

sumber dari instagram Batu Api


Bang Anton
Saya sudah beberapa kali "menculik" teman-teman untuk kemudian bergabung menjadi anggota perpustakaan. Hal itu saya lakukan sebab saya yakin teman-teman saya tidak hanya bisa meminjam buku untuk dibaca tetapi juga dapat berdiskusi banyak hal dengan Bang Anton, sang empunya perpustakan. Kerja keras dan konsistensinya mengembangkan perpustakaan sejak tahun 1999 selalu menjadi inspirasi. Atas hal tersebut, Batu Api kemudian diundang ke Frankfurt Book Fair tahun 2015 untuk menceritakan perjalanan Perpustakaan Batu Api

sumber gambar dari instagram Batu Api

Kamu suka membaca dan berdiskusi? Tempat ini sungguh bisa jadi tempat yang asyik untuk dikunjungi. 
Atau, kamu pun adalah anggota perpustakaan Batu Api? Menurutmu, apa hal menarik yang ditemukan di perpustakan ini?

*Kapan-kapan, boleh lah kita ke Batu Api bersama-sama. :)

0 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Perkenalkan! Saya Nurul Maria Sisilia. Seorang pengajar, penulis, dan pekerja sosial. Saya senang menulis hal menarik yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Mari berbincang!

Terjemahkan (Translate)

Rekan

Diberdayakan oleh Blogger.